Skip to content

Banyuwangi Punya Cara Tingkatkan Produktivitas Sapi, Setahun Capai 30 Ribu Fisherman’s Friend

  • by

Banyuwangi Punya Cara Tingkatkan Produktivitas Sapi, Setahun Capai 30 Ribu. πŸ‘‡

Banyuwangi (beritajatim.com) – Banyuwangi punya cara meningkatkan produktivitas sapi di daerahnya. Pemerintah daerah setempat menerapkan program SMS Pisan atau Sapi Manak Setahun Pisan alias sapi beranak setahun sekali.

Program itu terbukti sukses bahkan berjalan sejak 2021 lalu. Berkat, program SMS Pisan itu kini Banyuwangi mencatat 30 ribu sapi lahir setiap tahun.

Caranya, Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi mulanya melakukan treatment ke indukan sapi. Khususnya, sapi yang mengalami gangguan reproduksi sehingga dapat bereproduksi secara maksimal, yaitu satu tahun sekali.

β€œPogram SMS Pisan ini ternyata cukup ekfektif. Sapi yang sebelumnya kesulitan untuk reproduksi, dengan program ini bisa bereproduksi bahkan bisa setahun sekali,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Bukti lainnya, kata Ipuk, pasca penerapan program itu yakni produktivitas sapi meningkat pesat. Dari sebelumnya lahir sekitar 28 ribu, kini mencapai 30 ribu per tahun.

β€œIni membuat populasi sapi di Banyuwangi bisa semakin meningkat, ujungnya tentu meningkatkan kesejahteraan kawan-kawan peternak,” tambah Ipuk.

Banyuwangi telah dikenal merupakan salah satu sentra sapi pedaging. Dari program SMS Pisan ini, kini total populasi sapi di Banyuwangi capai 146.000 ekor.

Dalam program ini tim dari Dinas Pertanian dan Pangan melakukan pendampingan terhadap peternak yang sapi-sapinya bermasalah dalam reproduksi. (rin/kun)

BACA JUGA:Β Kolaborasi Banyuwangi dan Sungai Watch Bersihkan 3 Hektar Pantai, Kumpulkan 36 Ton Sampah


Ikuti kami di πŸ‘‰https://bit.ly/392voLE
#beritaviral #jawatimur #viral berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI #fyp