Skip to content

Harga Beras Naik, Inflasi Tahunan Sumenep Oktober 2023 Tertinggi di Jawa Timur Fisherman’s Friend

  • by

Harga Beras Naik, Inflasi Tahunan Sumenep Oktober 2023 Tertinggi di Jawa Timur. 👇

Sumenep (beritajatim.com) – Pada Oktober 2023, di Kabupaten Sumenep terjadi Inflasi ‘year on year’ (y-on-y) atau inflasi tahunan sebesar 5,29 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 118,94.

Angka inflasi y-on-y tersebut menempatkan Sumenep sebagai kota inflasi tertinggi di Jawa Timur. Kondisi itu sama seperti inflasi bulanan atau ‘month to month’ (m-to-m) Kabupaten Sumenep sebesar 0,63 persen, juga tertinggi di 8 kota IHK di Jawa Timur.

“Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Untuk y-on-y Oktober 2023, yang paling besar memberikan pengaruh adalah kenaikan harga beras,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumenep, Ribut Hadi Candra, Jumat (03/11/2023).

Kelompok pengeluaran yang memberikan andil/sumbangan inflasi y-on-y terbesar yaitu: kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 3,11 persen. Kemudian kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,72 persen; kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,35 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,34 persen.

Selain itu, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,23 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,19 persen; dan kelompok transportasi sebesar 0,12 persen.

“Kalau untuk komoditas secara spesifik yang dominan memberikan andil inflasi y-on-y pada Oktober 2023 itu selain beras juga emas perhiasan; rokok kretek filter; tongkol diawetkan; daging ayam ras; bawang putih, dan tarif air minum PDAM,” terang Ribut.

Sementara komoditas yang justru memberikan andil deflasi y-on-y adalah minyak goreng; bawang merah; daging ayam kampung; dan cabai rawit. “Tingkat inflasi tahunan (y-on-y) selama 6 bulan terakhir cenderung mengalami penurunan, hingga pada Oktober 2023 angkanya sudah dibawah 6 persen, yaitu sebesar 5,29 persen. Inflasi tahunan tertinggi terjadi pada Februari 2023 sebesar 6,88 persen. Ini merupakan angka inflasi tahunan tertinggi selama 4 tahun terakhir,” pungkasnya. (tem/kun)

BACA JUGA: Inflasi Jember pada Oktober 2023 Terendah Kedua di Jatim


Ikuti kami di 👉https://bit.ly/392voLE
#beritaviral #jawatimur #viral berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI #fyp