Skip to content

Tim Emergency Medical Dilatih Dirikan Tenda RS Lapangan Fisherman’s Friend

  • by

Tim Emergency Medical Dilatih Dirikan Tenda RS Lapangan. 👇

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi bencana intensitas tinggi. Bahkan, dampaknya bisa menimbulkan krisis kesehatan yang akan menambah penderitaan para penyintas.

Sebagai upaya kesiapsiagaan, maka diperlukan adanya peningkatan kapasitas para personil. Kali ini, kelompok yang tergabung dalam emergency medical team, mengikuti pelatihan gelar tenda rumah sakit lapangan.

Agus Hendroyono, dari Pusat Krisis Kesehatan mengatakan bahwa pelatihan pendirian tenda ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas personil di Regional Pusat Krisis Kesehatan.

“Diharapkan, dengan kegiatan ini SDM kesehatan di lapangan siap melakukan upaya penanggulangan krisis kesehatan, khususnya menyiapkan tenda rumah sakit lapangan, dengan baik dan benar,” ujar Agus, ditulis Sabtu (28/10/2023).

Lebih lanjut, Agus Hendroyono menyampaikan bahwa kegiatan ini berkaitan dengan kesiapan operasionalisasi Rumah Sakit Lapangan dalam penanganan korban di lokasi kejadian bencana.

BACA JUGA:
VetTalk, Konsultasi Klinik Hewan Berbasis Digital Asal Surabaya

Untuk diketahui, penyiapan logistik terkait kesehatan menjadi salah satu komponen dari peningkatan kapasitas. Peran logistik kesehatan saat bencana sangat penting dalam upaya penanganan krisis kesehatan akibat bencana, dalam hal ini pemberian pelayanan kesehatan dilakukan oleh Emergency Medical Team dan unit kesehatan lainnya.

Sedangkan Rumah Sakit lapangan adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang di set-up ketika fasilitas kesehatan tidak mampu menunjang pelayanan kesehatan pada saat terjadi krisis kesehatan.

BACA JUGA:
Perpustakaan UK Petra Surabaya Ajak Maknai Sumpah Pemuda Lewat Giant Book

Indonesia sendiri memiliki 10 set tenda Rumah Sakit Lapangan, yang disiagakan di 10 Regional Pusat Krisis Kesehatan. Masing-masing terdiri dari 19 unit tenda.

Kegiatan pelatihan pendirian tenda ini diikuti oleh Satuan tugas pegawai pemerintah non pegawai negeri (PPNPN) dan tenaga cadangan kesehatan-emergency medical team (TCK-EMT) Regional Jawa Timur dan Tim dari Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI. [ipl/beq]


Ikuti kami di 👉https://bit.ly/392voLE
#beritaviral #jawatimur #viral berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI #fyp