Skip to content

Tips Atasi Clinomania, Malas Berlebihan dan Terobsesi Tidur Fisherman’s Friend

  • by

Tips Atasi Clinomania, Malas Berlebihan dan Terobsesi Tidur. 👇

Surabaya (beritajatim.com) – Clinomania merupakan sebuah kondisi seseorang yang malas berlebihan dan terobsesi tidur. Ia suka sekali menghabiskan waktu berlebihan di tempat tidur.

Adapun kata “clinomania” berasal dari gabungan dua kata, “clin,” yang berarti tempat tidur dalam bahasa Yunani, dan “mania,” yang berarti kecanduan atau obsesi. Orang yang mengalami clinomania sering kali merasa sangat sulit untuk bangun dari tempat tidur, malas berlebihan bahkan jika mereka telah tidur cukup tetap terobsesi untuk selalu tidur.

Kondisi ini sering disamakan dengan rasa malas berlebihan, hipersomnia, atau dysania, tetapi memiliki perbedaan yang penting.

BACA JUGA:Ed Sheeran Gelar Konser di Jakarta, Begini Cara Beli Tiket

Jika rasa malas adalah ketidakmampuan seseorang untuk melakukan tanggung jawabnya. Bisa jadi karena kurangnya motivasi dan sejenisnya. Maka berbeda dengan clinomania yang lebih terfokus pada terobsesi tidur dan tempat tidur.

Hipersomnia, di sisi lain, adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang tidur berlebihan, bahkan jika mereka telah tidur cukup di malam hari. Dysania, juga dikenal sebagai lethologica, adalah kesulitan beranjak dari tempat tidur karena merasa berat atau lelah.

Beberapa tanda yang sering dikaitkan dengan clinomania meliputi:

– Depresi

Kondisi ini sering kali menyebabkan kehilangan minat pada aktivitas sehari-hari, kesulitan tidur, dan keinginan kuat untuk tinggal di tempat tidur.

– Gangguan cemas

Penderita gangguan cemas dapat merasa cemas dan enggan meninggalkan zona nyaman mereka, termasuk tempat tidur.

– Gangguan tidur

Seseorang yang telah mengalami gangguan tidur, seperti insomnia, mungkin cenderung terobsesi dengan tidur dan tempat tidur mereka.

BACA JUGA:Hutan Pinus di Sidorejo Magetan Terbakar, Penyebab Masih Diselidiki 

– Sindrom kelelahan kronis

Kondisi ini membuat seseorang merasa sangat lelah sepanjang waktu, yang bisa membuat mereka lebih ingin menghabiskan waktu di tempat tidur.

Adapun berikut ini beberapa cara mengatasi clinomania, yakni;

1. Sadar dan Mengakui Masalah

Langkah pertama adalah menyadari dan mengakui bahwa Anda mengalami clinomania. Terkadang, individu yang mengalami kondisi ini mungkin tidak menyadari sejauh mana gangguannya.

2. Terapkan Sleep Hygiene

Anda dapat memperbaiki pola tidur Anda dengan menerapkan sleep hygiene. Ini termasuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, dan menghindari stimulan seperti kafein dan alkohol sebelum tidur.

BACA JUGA:Freeport Gresik Sulap Limbah Jadi Bahan Bernilai Ekonomis

3. Atur Prioritas dan Tanggung Jawab

Cobalah untuk mengatur prioritas dan tanggung jawab Anda. Buat jadwal harian yang terstruktur dan termasuk waktu untuk tidur, pekerjaan, dan rekreasi. Ini akan membantu Anda fokus pada tugas-tugas yang perlu Anda selesaikan.

4. Aktivitas dan Interaksi Sosial

Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan teman-teman dan keluarga. Terlibat dalam hobi, olahraga, atau aktivitas sosial dapat membantu mengurangi obsesi terhadap tempat tidur.

5. Konsultasikan dengan Profesional Kesehatan

Jika Anda merasa bahwa clinomania Anda mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak merespons perubahan gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan. Mereka dapat membantu mendiagnosis penyebab dan meresepkan perawatan yang sesuai. (Fyi/Aje)


Ikuti kami di 👉https://bit.ly/392voLE
#beritaviral #jawatimur #viral berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI #fyp